f t g m
  • CONSULTING

  • ENGINEERING TRAINING

  • MANAGEMENT TRAINING

  • LABORATORY EQUIPMENT

Copyright 2018 - PUSAT PELATIHAN MBT Themes by www.xswebdesign.com

HOME

Penyusunan Grand Design

Dalam rangka mewujudkan organisasi yang tepat fungsi dan ukuran (right function and right sizing), maka perlu dilakukan penajaman tugas dan fungsi pada seluruh unit kerja di lingkungan Badan Litbang agar lebih efektif, efisien dan optimal. Disamping itu juga perlu dikembangkan organisasi yang dapat menjawab perkembangan IPTEK infrastruktur pekerjaan umum dalam jangka panjang dengan mempertimbangkan lingkup fokus dan lokusnya karena adanya permasalahan lintas sektoral dan regional yang semakin luas. Untuk itu struktur organisasi perlu dikembangkan menjadi organisasi yang tepat ukuran, kaya fungsi serta antisipatif terhadap tuntutan perkembangan IPTEK dan perubahan masyarakat yang semakin dinamis.

Pengembangan organisasi tidak dapat dipisahkan dengan masalah tata laksana dan sumber daya manusia (SDM Aparatur). Untuk mendukung pengembangan organisasi, maka diperlukan pemantapan tata laksana yang merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas tata laksana organisasi, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam penerapan standar operasi prosedur (SOP), kejelasan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, serta penerapan sistem tata laksana yang harmonis pada masing-masing unit kerja dalam pencapaian tujuan organisasi.

Masalah SDM Aparatur merupakan komponen yang sangat penting dalam organisasi, oleh karena itu perlu dikembangkan secara profesional dengan basis kompetensi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi. Pengembangan SDM Aparatur perlu di desain kuantitas dan kualitasnya mulai dari sistim pengadaannya (rekruitmen), sampai dengan penyiapan masa purna bakti.

Badan Litbang PU saat ini terdiri dari 5 (lima) eselon II ( 4 Pusat Litbang dan 1 Sekretariat) dimana masing-masing Pusat Litbang didukung oleh Jabatan Struktural (Bagian, Bidang, Balai) dan Kelompok Jabatan Fungsional. Jabatan fungsional terdiri dari Jabatan Fungsional Keahlian dan Jabatan Fungsional Keterampilan yang mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan tugas dan/atau jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku serta terkait dengan tugas fungsi Badan Litbang.

Badan Litbang sebagai institusi yang melaksanakan tugas penelitian dan pengembangan memerlukan SDM Aparatur fungsional peneliti yang kuat. Komposisi SDM Aparatur antara jabatan struktural dan jabatan fungsional harus didesain sedemikian rupa, sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan organisasi. Peningkatan kompetensi SDM Aparatur dapat dilakukan dengan pengembangan kapasitas pegawai melalui program pendidikan dan pelatihan serta pembangunan sikap dan perilaku yang baik. Sitem reward and punishment harus dibangun melalui penegakan disiplin pegawai, serta upaya-upaya pembinaan semangat dan budaya kerja. Jika Badan Litbang dapat menjadi organisasi tepat fungsi dan tepat ukuran yang didukung dengan penerapan tata laksana yang mantap, serta SDM Aparatur yang kompeten, maka diharapkan Badan Litbang dalam mendukung tugas-tugas kementrian Pekerjaan umum dapat lebih efektif, efisien dan optimal.

Berdasarkan uraian tersebut, maka untuk mewujudkan organisasi Badan Litbang yang tepat fungsi (right function) dan tepat ukuran (right sizing) dengan tata laksana yang efektif dan efisien, serta SDM Aparatur yang profesional berbasis kompetensi, maka perlu disusun perencanaan jangka panjang komprehensif yang dituangkan dalan dokumen Grand Design Pengembangan Organisasi, Tata Laksana dan Sumber Daya Manusia yang dapat mengantisipasi perkembangan kedepan yang disusun dalam Road Map sampai dengan tahun 2025. Untuk pelaksanaan tugas ini Satuan Kerja Sekretariat Balitbang Kementerian PU menugaskan PT. MBT Konsultan.

Maksud dari pekerjaan ini adalah untuk menyiapkan organisasi, tatalaksana, dan manajemen sumber daya manusia yang mampu beradaptasi terhadap arus perubahan IPTEK dan perubahan sosial yang mempengaruhi perilaku, nilai-nilai dan harapan masyarakat pelanggan untuk mewujudkan kualitas pelayan publik yang lebih baik.

Tujuan dari pekerjaan ini adalah menyusun Grand Design Pengembangan Organisasi, Tata Laksana dan Sumber Daya Manusia Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum yang dapat mengantisipasi perkembangan kedepan yang disusun dalam Road Map sampai dengan tahun 2025.

Pembekalan Pra Purna Bhakti

Dalam memasuki masa purnabhakti perlu melakukan persiapan baik mental, pola pikir, serta rencana [ ... ]

baca lanjutannya..
Dokumen Strategi Knowledge Management

Untuk mewujudkan organisasi yang efektif dan efisien di Kementerian Pekerjaan Umum, organisasi h [ ... ]

baca lanjutannya..
TNA Survey

TNA-Survey adalah suatu kegiatan survei dilapangan atau dilokasi reponden berada¬† untuk analisi [ ... ]

baca lanjutannya..
Pengembangan SDM

PT. MBT Konsultan sebagai salah satu Konsultan Nasional yang bergerak dalam bidang konsultansi t [ ... ]

baca lanjutannya..
SKKNI Keahlian Konstruksi

SKKNI adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang merupakan rumusan kemampuan kerja  [ ... ]

baca lanjutannya..
Survei Kepuasan Pelanggan

BNSP¬†adalah Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang merupakan badan independen yang bertanggung [ ... ]

baca lanjutannya..
Pembinaan Instruktur & Asesor Jasa Konstruksi

Pada tahun 2011 Pusbin KPK mengadakan Kajian Pengembangan Pembinaan Instruktur dan Asesor Jasa K [ ... ]

baca lanjutannya..
Perencanaan SDM

Pada tahun 2011 PT. MBT Konsultan dipercaya untuk melaksanakan kegiatan Perencanaan Sumber Daya  [ ... ]

baca lanjutannya..
Other Articles
Start a blog with www.howtostartblogging.com